Minggu, 04 Maret 2012

Gaya Boss untuk Sukses


Sukses = Gaya Boss

Dibalik semua fasilitas serta kelebihan yang dimiliki seorang pemimpin punya tugas dan tanggungjawab berat.  yang acapkali terjadi adalah salah menerapkan gaya kepemimpinan.  Dampaknya itu bisa fatal  bagi sebuah perusahaan.  Bisa-bisa membuat produktivitas karyawan merosot drastis.
lantas bagaimana gaya kepemimpinan berdampak positif bagi perusahaan yang anda pimpin? Pepatah mengatakan “Apapun yang Anda tanam, Anda akan menuai hasilnya”. Bagaimana seorang pemimpin menahkodai karyawanya, itu pula yang akan didapatkan.
Pemimpin yang berhasil  memimpin dengan baik pasti akan dihormati.  Ia tak hanya bekerja dengan baik saja, tetapi sebagai pemimpin dituntut menjadi suri tauladan segenap bawahan.  Sehingga pemimpin itu menjadi penggerak motivasi yang effektif bagi seluruh karyawan.  Karena itulah gaya kepemimpinan yang tepat perlu dimiliki seorang atasan.
Rebecca Hourston, Direktur Program Aspire di sebuah perusahaan riset berpendapat ada beberapa langkah inspiratif untuk menciptakan gaya kepemimpinan yang tepat.  Berikut disampaikan beberapa kiat menjadi pemimpin yang berhasil, antara lain :
Berani dan Percaya Diri.
Pemimpin harus punya keberanian untuk melakukan tindakan dan menghadapi tantangan besar dengan penuh percaya diri.  Untuk menghadapi tantangan tentu harus berani mengambil risiko.  Karakter kuat sangat diperlukan seorang pemimpin.   Punya nyali dan kepercayaan diri tinggi, apa yang akan dilakukan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.  Jangan lupa lakukan evaluasi berkala untuk memonitor rencana kerja yang sudah dicapai, supaya tetap berada pada relnya (on track).
Pertajam  Kekuatan.
Daniel Goleman, ahli Emotional Intelegence, melakukan studi gaya kepemimpinan pada 500 perusahaan.  Dia menyimpulkan bahwa pemimpin yang menonjol dan berhasil,memiliki sifat visionary (melihat jauh ke depan), demokratis dan senang melatih.  Yang paling sederhana mulai lakukan itu dari keahlian atau kekuatan yang Anda miliki sebagai titik awal gaya kepemimpinan.  Gaya kepemimpinan ini nanti bisa menjadi ciri khas dan kekuatan yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan di dunia karier.
Padukan Beberapa Gaya.
Selain memiliki ciri khas gaya kepemimpinan, sebaiknya Anda juga memadukan aneka gaya kepemimpinan.  Goleman menegaskan, pemimpin sukses memadukan beberapa gaya pada dirinya, karena satu gaya saja tidak pernah cukup mengatasi masalah yang banyak dan beragammanfaatnya.
Ciptakan Tujuan.
Untukmenjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus bisa mengkomunikasikan tujuan, visi dan misi perusahaan.  Tujuan memacu karyawan untuk mencapai target.  Untuk menemukan tujuan visi yang tepat, Anda harus dapat menganalisa,mengidentifikasi dengan baik berbagai relevan yang terjadi di luar maupun di dalam perusahaan.
Pemberi Semangat.
Pemimpin yang baik mampu memberi semangat dan memotivasi karyawan.  Anda dituntut dapat menempatkan diri selaku motivator saat karyawan menemui kesulitan.  Pemimpin harus bisa melihat potensi setiap karyawannya hingga tiap karyawan bisa memberi yang terbaik bagi perusahaan.
Seimbang.
Setiap pemimpin harus bijaksana mengukur risiko yang dihadapinya.  lakukan pekerjaan dengan fokus saat bekerja,namun tetap nikmati waktu libur untuk melepaskan dari semua beban pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya.
Menjadi diri sendiri.
Tak ada yang lebih baik selain menjadi diri sendiri.  Karena itulah jadilah pemimpin yang sesuai dengan kepribadian anda.  Jangan berusaha untuk  menjadi orang lain yang tidak atau bukan diri anda sendiri. (Sumber : Majalah Eksekutif, Juni 2011, Judul Asli “Menjadi Pimpinan Berhasil Gaya Memimpin Menentukan“).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar